Image of Asia Tenggara Dalam Tahun 1980-an

Book

Asia Tenggara Dalam Tahun 1980-an



Bertemunya sejumlah sarjana serta pejabat tinggi lima negara ASEAN (Perhimpunan Negara-negara- Asia Tenggara) dengan counterpart mereka daN Amerika untuk membicarakan masalah¬masalah di bidang ekonomi, politik dan keamanan yang dihadapi Asia Tenggara dalam dasawarsa 1980-an, melambangkan jarak yang telah kila lintasi selama tiga atau empat dasawarsa yang lalu. Keja¬dian ini jelas membenarkan pembentukan A SEAN. Bangkit dari pengalaman kolonial yang berbeda (kecuali Thailand), negara-negara Asia Tenggara kurang mempunyai hubungan sotu dengan yang lain, segera setelah berakhirnya Perang Dunia II. Bahkan percekcokan leblh menonjol darlpada kerjasama antaro mereka. Perong -- bQlk panas maupun ding in -- pada saat-saat tertentu meletus sehingga tidak memungkinkan dialog yang produktij.
Mempertemukan, pada waktu-waktu tertentu pemimpin-pemim¬pin dan juga tokoh-tokoh masyarakat dari 5 negaro yang merupakan perhimpunan ini, merupakan sukses yang menonjol bagi A SEAN. Diskusi jelas tidak berarti persetujuan. Dalam karangan-karangan berikut dapa! ditemukan perspektij dan pendapat yang beroneka¬ragam, bahkan dari peserta ASEAN sendi,.i. Tetapi fakta yang me¬ngesankan adalah tingkat persatuan yang diperlihatkan, khususnya jika pokok persoalannya merupakan masalah regional. Tentu soja tak seorang pun dapat meramalkan masa depan dari tiop bangso di ka¬wasan ini, atau dari struktur ASEAN yang masih muda ini.
Akan tetapi bagaimana mendesak pun alasan untuk mengadakan ikatan regional yang kuat di Asia Tenggara, rintangan besar tetap ada


Ketersediaan

B0000054355 SCALA 42Rack 1Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
355 SCALA 42
Penerbit CSIS : Jakata.,
Deskripsi Fisik
xxi321p;21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
355
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this